Sejarah Menarik Desa Sentra Kerajinan Tembaga Tumang Boyolali

Sejarah Menarik Desa Sentra Kerajinan Tembaga Tumang Boyolali

kerajinan tembaga kuningan sulawesi - kerajinan tembaga kuningan makassar - kerajinan tembaga kuningan palu - kerajinan tembaga kuningan NTT - kerajinan tembaga kuningan papua

Sentra kerajinan tembaga yang paling terkenal di Indonesia adalah Desa Tumang, Cepogo, Boyolali Jawa Tengah. Disebut sentra kerajinan oleh karena penduduk setempat yang sebagiannya merupakan pengrajin kerajinan tembaga. Jika mengunjungi desa ini, pengunjung akan melihat berbagai rumah penduduk yang dijadikan sebagai showroom berbagai produk dari tembaga.

Berbagai produk tembaga yang dijajakan dan paling laku saat ini berkisar produk seperti hiasan dinding, lampu, kubah masjid, monumen dan barang lainnya yang sejenis. Meskipun begitu, saat awal-awal penduduk setempat memiliki kemampuan mengolah tembaga, produk-produk yang dikerjakan berkisar peralatan rumah tangga seperti peralatan dapur.

Menarik untuk mengetahui bagaimana desa yang satu ini bisa menjadi sentra pengrajin kerajinan tembaga. Bahkan tidak tanggung-tanggung, sejarah sentra kerajinan Tembaga desa Tumang ini berawal dari masa lampau sebelum ada berbagai peralatan modern saat ini. Untuk lebih mengetahuinya, berikut informasi yang dirangkum oleh tim redaksi Dama Art Gallery.

Tambang Tembaga di Indonesia

Perlu diketahui sebelumnya, bahwa Desa Tumang bukanlah tempat dimana bahan tembaga berasal. Desa ini hanya menjadi sentra kerajinan tembaga dimana penduduk setempat memiliki keahlian secara turun temurun untuk mengolah bahan tembaga menjadi berbagai produk kerajinan. Sedangkan asal bahan tembaganya berasal dari berbagai daerah penghasil tembaga di Indonesia.